Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio: KTT ASEAN 2023 Jadi Ajang Promosi UMKM Lokal di Tingkat Internasional

Jakarta – Indonesia memanfaatkan Keketuaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023 untuk menampilkan beragam hasil karya terbaik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menuturkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan hadir apabila Pemerintah jeli menghidupkan UMKM di daerah sekitar lokasi KTT ASEAN 2023.

“Pertumbuhan ekonomi akan hadir, seperti menjual souvenir atau cenderamata, atau menyediakan jasa akomodasi dan penginapan bagi delegasi” ujar Agus.

Seperti diketahui, selain KTT ASEAN ke-42, akan digelar juga ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN-BAC yang menjadi wadah dialog antara pemerintah dan swasta di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF) pun telah menyiapkan 1.156 kamar dari 22 hotel dan resort di Labuan Bajo sebagai tempat menginap delegasi dan panitia nasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit.

Pemerintah juga telah melatih 112 UMKM Labuan Bajo dalam melakukan pemasaran digital serta pemasaran desa wisata didampingi Bank Indonesia. UMKM ini tersebar di beberapa kabupaten, salah satunya Manggarai Barat.

Agus berharap peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN dapat menguntungkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia itu sendiri.

“Indonesia harus memegang kendali ASEAN, karena di ASEAN sendiri masih ada beberapa problem” Harap Agus. (RR)

Related posts