Di Acara Haul Bung Karno, Puan Maharani: Kokohkan Barisan Menangkan PDIP dan Ganjar Pranowo

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengajak seluruh kadernya agar memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden 2024. Hal itu disampaikan Puan Maharani dalam pidatonya pada puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

“Hari ini, hari ini, kita meneguhkan hati bekerja keras dengan api yang tak pernah padam. Menangkan PDIP dan capres PDIP Ganjar Pranowo. Siap? Siap?” kata Puan Maharani lalu dijawab ‘siap’ oleh ribuan kader.

Kepada kader PDIP, Puan mengingatkan agar tak hanya meramaikan acara puncak peringatan Bulan Bung Karno. “Kita berkumpul di sini untuk menang, kita di sini untuk apa? Apa? Apa?” ujarnya lalu disoraki dengan kata ‘menang’ oleh kader.

Lebih lanjut, dia menegaskan PDIP telah terbukti melahirkan seorang pemimpin dunia, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sontak pidato putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu pun disoraki ribuan kader.

Acara ini pun dihadiri langsung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Lalu, tampak sejumlah petinggi PDIP seperti Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum, Olly Dondokambey, Ketua DPP Prananda Prabowo, Ahmad Basarah, Djarot Syaiful Hidayat.

Pada acara ini, Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo membacakan Dedication of Life yang juga pernah dilakukan Presiden Joko Widodo. Saat itu Joko Widodo membacakan Dedication of Life saat Rakernas PDIP tahun 2013 di Jakarta saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Ganjar yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, membacakan Dedication of Life yang merupakan surat atau wasiat Bung Karno dengan maksud mengajak rakyat melakukan pengadian kepada Tuhan, Tanah Air, dan Kepada Bangsa.

Dari mimbar utama Gelora Bung Karno, Ganjar Pranowo membacakan Dedication of Life dengan penuh khidmat. Saat pembacaan Dedication of Life, suasana Gelora Bung Karno yang sebelumnya terdengar suara gemuruh dari ratusan ribu kader PDIP, seketika hening. Mereka mendengarkan dengan seksama tiap kata Dedication of Life yang dibacakan oleh Ganjar Pranowo.

Saat membacakan Dedication of Life, terlihat Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo berdiri di belakang Ganjar Pranowo juga khidmat saat pembacaan Dedication of Life. Untuk kilas balik, pembacaan Dedication of Life pada tahun 2013 pernah dibacakan oleh Jokowi jelang pengumumannya oleh PDIP menjadi calon presiden.

Di lingkup PDIP, pembacaan pidato Dedication of Life Bung Karno merupakan hal yang sakral dalam prosesi kepartaian bersamaan dengan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian Mengheningkan Cipta dan pembacaan teks Pancasila.

Di acara Puncak BBK 2023 ini, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan pembacaan teks Pancasila oleh kader PDIP, Denny Cagur.

Related posts