Bukalapak Ajak Masyarakat Bertransaksi Secara Aman Dengan 4 AMAN 5 Sempurna

Karawang Saat ini, masyarakat dari berbagai kalangan memanfaatkan platform online dalam memenuhi kebutuhan. Dengan meningkatnya aktivitas online, resiko terjadinya kejahatan siber juga ikut meningkat. Untuk itu, Bukalapak kembali mengajak pengguna untuk menjadi smart users melalui kampanye online 4 AMAN 5 Sempurna, yang merupakan kependekan dari Antisipasi, Menjaga Kerahasiaan, Atur ulang password, Nyalakan TFA (Two Factor Authentication), dan agar Sempurna, hubungi BukaBantuan jika menemukan sesuatu yang mencurigakan pada akun atau transaksi yang dilakukan di Bukalapak.

Kampanye ini juga selaras dengan komitmen pemerintah dalam menekankan perlindungan konsumen dari kejahatan siber. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membuat situs aduankonten.id sebagai gerakan untuk fokus terhadap komitmen tersebut. Situs aduankonten.id merupakan fasilitas pengaduan seluruh konten negatif dari website, media sosial, atau games yang dianggap melanggar UU ITE. Seluruh masyarakat Indonesia yang telah terdaftar di web aduankonten dapat melaporkan konten negatif yang ditemukan di seluruh platform online.

“Dengan adanya situs aduankonten.id, kami berharap dapat meminimalisir resiko kejahatan siber yang dihadapi oleh masyarakat. Untuk itu kami mengapresiasi upaya Bukalapak dalam  mengadakan kampanye edukasi keamanan siber secara berkala karena kami percaya, semakin banyak pihak yang ikut berpartisipasi di dalam kampanye ini, akan  semakin banyak juga masyarakat yang sadar untuk terus menjaga keamanan di platform online”, ujar Syamsul Arifin, Ketua Tim Pengendalian Konten Internet Negatif Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk merayakan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) pada tanggal 20 April, Bukalapak juga akan mengadakan serangkaian aktivitas mulai dari apresiasi pelanggan yang sudah berupaya menjaga keamanan akunnya, mengedukasi pelanggan untuk lebih waspada terhadap modus penipuan, dan mengingatkan pelanggan untuk melakukan pencegahan melalui tips menjaga keamanan akun. Serangkaian aktivitas ini dikemas dalam konten-konten yang menarik dan interaktif di Instagram @BukaBantuan seperti tips, games, dan lain-lain.

“Kejahatan siber adalah sebuah resiko yang dihadapi oleh semua industri dan platform, termasuk e-commerce, terutama di hari-hari besar seperti ini di mana aktivitas online tergolong tinggi. Untuk itu, kampanye ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh pelanggan. Melalui kampanye ini, kami juga berharap bisa mengajak para pengguna untuk turut menjaga keamanan akun dan selalu waspada terhadap hal-hal yang mengarah ke arah penipuan”, ujar Adisti Primanda, Head of Customer Satisfaction Management Bukalapak.

Untuk meramaikan kampanye ini, Bukalapak melalui BukaBantuan yang berkolaborasi dengan Komunitas Haibolu juga akan mengadakan IG Live Talkshow ‘BukaBantuan MeetUp!’ untuk membahas seputar keamanan akun.

Untuk informasi lebih lanjut seputar kampanye 4 AMAN 5 Sempurna, kunjungi Instagram @BukaBantuan

Related posts