by

Aplikasi Jasa Hantar Lokal, Dongkrak Ekonomi Di Masa Pandemi

Pandemi covid 19 ini begitu terasa dampaknya bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia, banyak karyawan yang dirumahkan dan pengangguran dimana-mana. Adalah Guntur Martin, pemuda kelahiran Karawang berusia 22 tahun silam dari Dusun Cikelor, Desa Amansari – Kecamatan Rengasdengklok. Setelah diliburkan dari pabrik dimana ia bekerja, tak membuatnya putus asa. Berawal dari usahanya sebagai jasa titip makanan di dusunnya tercipta ide kreatif dan inovatif dengan membuat aplikasi GORAK.

Aplikasi sejenis ojol local ini pun patut diacungi jempol dan bisa menginspirasi bagi banyak orang. Sudah selayaknya mendapatkan apresiasi dari masyarakat, khususnya warga Rengasdengklok. Selain dapat mendongkrak ekonomi mikro juga menciptakan lapangan kerja baru. Untuk mengetahui apa itu GORAK, berikut wawancara BISNIS KARAWANG dengan Guntur:

Guntur Martin

Kang Guntur, bagaimana awal ide aplikasi GORAK ini?
Berawal dari kondisi pandemic Covid-19, saya salah satu karyawan pabrik otomotif di Karawang terkena imbasnya dan diliburkan karena pabrik berhenti produksi. Secara otomatis penghasilan sayapun tidak ada lagi. Sudah dicoba kesana kesana-kemari mencari pekerjaan baru, tapi hasilnya nihil.

Akhirnya, ada seorang teman yang mengajak saya untuk membuat WhatsApp Grup (WAG) jasa titip makanan. Jadi kalau ada warga di kampung Cikelor yang mau belanja atau titip beli makanan di sekitar Rengasdengklok, saya belanjakan dan diantar sampai ke rumah pemesan.

Melihat respon yang baik, lalu saya punya inisiatif agar para pedagang di Rengasdengklok mau memakai jasa antar saya untuk mengirim makanan kepada pembelinya.

Selama jasa titip dan pengiriman berlangsung, tak segan-segan saya menawarkan jasa saya kepada pedagang lainnya. Dan tawaran saya diterima oleh beberapa pedagang, sebulan kemudian saya buat WAG baru yang beranggotakan para pedagang dan pembeli. Didalamnya sudah tergabung hampir 20 pedagang, saat itu terlintas dalam pikiran saya untuk membuat aplikasi ojol (ojek online) lokal dengan tariff Rp.2.000/km.

Jadi apa yang diharapkan dari aplikasi ini?
Tujuan saya, dengan aplikasi ini ingin membantu orang-orang yang menganggur. Dimana di masa pandemi ini orang yang bekerja saja banyak yang di rumahkan apalagi kalau yang menganggur dan ingin melamar pekerjaan pastinya akan terasa sulit. Semoga ini menjadi solusi dan membuka lapangan kerja baru bagi pengangguran sehingga mereka mendapatkan penghasilan.

Begitu pun para pedagang bisa terbantu dengan menawarkan produknya melalui aplikasi ini dan mudah dalam pengirimannya ke konsumen.

Intinya usaha ini bisa saling menguntungkan baik driver, mitra usaha dan pengguna aplikasi. Bukan bermaksud untuk menyaingi yang sudah ada, ini hanyalah wadah kita berupaya usaha untuk meningkatkan perekonomian.

Kenapa pakai nama GORAK?
Nama GORAK kependekan dari GO RAKYAT yang dapat diartikan bebas menjadi ‘mulai untuk rakyat’. Ini adalah ajakan untuk rakyat, khususnya warga Rengasdengklok untuk memulai menghidupkan ekonomi warga sekitarnya. Dan penggunaan nama ini lebih simpel dan fleksibel agar mudah diingat oleh para pedagang dan konsumen.

Bagaimana proses pembuatan aplikasinya, kang?
Proses pembuatan aplikasi GORAK ini terbilang sangat lama, karena harus merapihkan semua menu dan tampilan agar menarik dan simple.  Jadi para calon driver bisa mudah mendaftarkan diri, begitu pun pedagang bisa dengan mudah menawarkan/menjual dagangannya. Pembuatan aplikasinya di bantu sistem Jagel.id, agar lebih mudah menata menu dan pilihannya.

Apa sudah bisa diunduh di playstore aplikasinya?
Karena terbentur dana untuk mendaftarkannya di playstore, sementara saya share langsung melalui teman-teman, para pedagang dan konsumen.  Atau untuk download langsung bisa melalui link berikut: GORAK RENGASDENGKLOK

Isi menu aplikasinya apa aja, kang?
Aplikasi GORAK isinya meliputi:
– Isi saldo khusus aplikasi buat pengguna (bisa dicairkan kembali)
– Rak Ride (jasa penumoang)
– Rak Food (tampilan menu makanan yang akan di order)
– Rak Car (jasa mobil belum ada driver yang mendaftarnya)
– Kirim paket
– Jasa titip
– Top up saldo (untuk pengguna isi saldo)
– Isi pulsa/paket internet
– Promosi, dll

Wilayah pengiriman sampai mana?
Meski aplikasi GORAK bisa digunakan seluruh Indonesia, tapi area pelayanan kami saat ini hanya untuk lokal saja yaitu fokus di wilayah Rengasdengklok. Mudah-mudahan saja aplikasi ini bisa menasional nantinya, dapat digunakan di seluruh Indonesia.

Tarif penumpang/pengiriman berapa?
Tarif kami mengikuti standar yang ada, yaitu Rp. 2.000 s/d Rp. 2.500 per Km. Untuk pengiriman makanan ke seluruh Rengasdengklok jauh-dekat dikenakan biaya Rp. 5.000

Untuk saat ini sudah ada berapa driver? Syaratnya apa saja untuk calon driver yang ingin bergabung?
Saat ini sudah ada 4 orang yang bergabung menjadi driver atau ojol dan sudah berjalan sekitar dua bulan ini. Untuk yang mau bergabung syaratnya berusia 19-40 tahun dan bisa mengendarai roda dua.

Rencana dan harapan kedepannya, kang?
Kedepannya saya ingin terus mengembangkan aplikasi ini. Semoga bisa berjalan terus dan bisa bermanfaat untuk semua orang. Bisa lebih memudahkan pengguna untuk memesan dan mengirim, tanpa harus ribet lagi.

Harapan saya, semua warga Rengasdengklok bisa bergabung dan memanfaatkan aplikasi ini karena semakin banyak yang menggunakannya maka akan semakin banyak yang terbantu ekonomi/penghasilannya, terutama pedagang dan para drivernya.  Aamiin…

FB: GORAK RENGASDENGKLOK
Info WA: 0881-1864-196

BISNIS KARAWANG
Author: BISNIS KARAWANG

Silahkan untuk mengutip berita dari situs ini, dengan syarat menyebutkan jelas sumber berita tanpa disingkat yaitu BISNISKARAWANG.COM.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *