Antusias Anak Muda Papua Ikut Seleksi Model di PYCH Binaan BIN untuk Meriahkan Papua Street Carnival

Sejumlah anak muda Papua antusias ikut seleksi model untuk bisa tampil di Papua Street Carnival. Papua Street Carnival yang akan digelar di Jayapura, Papua, pada awal Juli 2023 tersebut diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menjelang acara digelar, sejumlah kegiatan pra-event telah dilakukan, seperti audisi model. Audisi tersebut diikuti ratusan anak muda Papua. Para anak muda Papua yang mengikuti audisi menunjukkan antusiasme yang tinggi. Nantinya, mereka akan memiliki kesempatan untuk mengenakan pakaian hasil karya desainer asli Papua dalam acara tersebut.

Seorang peserta, Jessica Mollet (20), mengungkapkan kebanggaannya bakal memakai pakaian hasil karya desainer yang berasal dari Tanah Papua.

“Ini ajang besar, dengan ajang ini kami semua bisa melihat karya anak-anak Papua,” kata Jessica di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Jayapura, Papua, Sabtu (1/7/2023).

Meskipun gugup selama proses seleksi, Jessica merasa senang bisa ikut serta dalam acara besar ini. Dia juga mengajak masyarakat Papua, khususnya anak muda, untuk ikut serta dalam memeriahkan dan menyukseskan acara tersebut.

Hal senada disampaikan peserta perempuan Jesslyn Quinn Putri Amilasyah dan seorang peserta laki-laki bernama Issak. Mereka mengaku dapat ilmu dan teman baru ketika mengikuti proses seleksi model di Papua Street Carnival ini.

“Kami diajarkan basic catwalk. Seru. Ini adalah ajang yang besar, bisa dapat peluang untuk mengekspresikan diri dan bisa melihat anak-anak Papua yang kreatif, contohnya desainer-desainer Papua yang sudah mengexpresikan dirinya lewat kami,” kata Jesslyn Quinn.

Selain itu, ada juga audisi lomba menyanyi hingga lomba fotografi dengan juri fotografer senior Darwis Triadi. Sejumlah persiapan menjelang acara itu telah dilakukan, seperti latihan tari seperti Tari Yospan, Tari Fuu & Tifa, Marching Band, Color Guard, pelatihan-pelatihan, pembuatan desain pakaian dan lain sebagainya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno direncanakan akan hadir dalam acara yang dihelat di sekitaran kantor Gubernur Papua tersebut.

Papua Street Carnival akan melibatkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias hingga carnaval yang akan menampilkan beragam karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah dan unik.

Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

Acara Papua Street Carnival ini berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Kemenparekraf juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua dan semua pihak untuk memastikan suksesnya Papua Street Carnival tersebut.

Seluruh elemen acara ini dirancang untuk mencerminkan kekayaan budaya dan warisan tradisional Papua, sehingga para peserta dan penonton dapat merasakan keunikan dan keindahan Papua. Dengan partisipasi aktif anak muda Papua, desainer, seniman, dan pelaku ekonomi kreatif lainnya, acara ini memiliki potensi untuk menjadi acara tahunan yang dinantikan dan menjadi ikon pariwisata Papua.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga telah menunjukkan perhatiannya yang besar terhadap masyarakat Papua. Pemerintahannya telah mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Papua. Presiden Jokowi telah meluncurkan sejumlah program pembangunan di Papua, termasuk program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga ketahanan pangan.

Related posts